http://mozalucky.blogspot.com

Sebenarnya sangat terasa, apa lagi kita-kita yang puasanya belum bocor. Tapi selalu tetap ada yang bilang kalau puasa ini tidak terasa udah pertengahan bulan lagi. Bebas lah mau dirasa-rasa apa nggak juga, silahkan pilih saja. Yang pasti hari terus berganti dan kalau sekarang pertengahan bulan Ramadhan, artinya lebaran (Idul Fitri) akan datang sebentar lagi. Saya mau tanya kalian semua, Udah beli baju baru belum?

http://www.paulscoffeeshop.com
Itulah masalahnya, kenapa orang-orang rame membeli pakaian baru setiap lebaran tiba? Ada beberapa pertanyaan mengenai itu, diantaranya yaitu :

1.       Seberapa penting pakaian baru bagi kita saat lebaran?
2.       Seberapa butuh kita terhadap pakaian baru saat lebaran?
3.       Apa yang akan kita lakukan dengan pakaian baru saat lebaran?
4.       Banggakah kita dengan menggunakan pakaian baru itu saat lebaran?
5.       Masalah gak jika saat lebaran kita tidak punya pakaian baru?
6.       Apakah pakaian baru itu wajib saat lebaran?

Dikeramaian hari ini Lebaran itu selalu identik dengan baju baru, seperti itu lah penomenanya. Gila, kebanyakan dari kalian baik anak-anak, pemuda-pemudi dan orang tuapun kini sudah tidak mampu membendung hasrat untuk beli baju lebaran. Sampai sekarang ini yang namanya pro kontra terhadap phenomena tersebut masih berlanjut. Tapi tetap saja walaupun demikian perdebatan-perdebatan seperti itu akan dianggap tidak penting.

Bukan perdebatannya yang harus kita lihat, tapi cobalah kita perhatikan lalu kita renungkan sambil berfikir kemudian kita pilah-pilah (cari kebenaran) dari setiap perdebatan itu, intinya sih agar kita semua tahu dan sadar akan perilaku kita saat lebaran tiba, ternyata kita harus tahu mana yang lebih penting dan yang pantas untuk kita lakukan. Kalau memang baju lebaran itu betul-betul tidak penting, tak usah lah kita berlebihan dengan baju baru itu, kasihan tuh mereka yang tak mampu membeli yang baru-baru. Jangan sampai perilaku kita ini menghilangkan pemaknaan kita terhadap lebaran yang sebenarnya.

Sudah lah…, kita kan tau kalo makna sebenarnya lebaran itu bukan baju baru tapi bukan baju lama juga sih. Hehehe… yang saya tau dan kalian juga pasti tau lah…, lebaran (idul fitri) itu diambil dari bahasa Arab, yaitu fithrah, berarti suci, kembali suci atau kembali lahir. Ibarat seorang bayi, kita kembali seperti kertas putih yang sama sekali belum ternoda. Kenyataannya ya, kita ini senantiasa tidak bisa luput dari dosa, Karena itu, perlu upaya mengembalikan kembali pada kondisi sebagaimana asalnya dengan berpuasa dibulan Ramadhan. Itulah makna Idul Fitri yang sesungguhnya. Yang saya tahu seperti itu.

Mengenai baju baru, saya salah satu orang yang tidak sepakat jika setiap lebaran harus punya baju baru, tolong dong jangan racuni anak-anak kita dengan budaya seperti itu. Kayanya kurang baik…. Hahahaha…. ditambah lagi saya yang sekarang tidak punya uang makin saja tidak sepakat dengan itu.

Meskipun demikian saya yakin kalau sekarang masih banyak dari kalian yang ngotot pengen baju baru buat lebaran. Yasudahlah kalao begeto,.,., gini sajah, Kalian coba niatin beli bajunya bukan buat pamer, bukan karena iri, bukan karena sombong banyak uang, bukan karena ingin dipuji dan lain sebagainya yang bias mencelakakan kalian. Tentunya kalian kaga mau kan celaka karena membeli baju baru…

Yang penting lagi nih, kalo bisa berilah mereka yang membutuhkan apa yang kalian punya dan yang bisa kalian lakukan untuk membantunya. Dan coba deh buat kalian yang merasa perempuan kalo nanti beli baju, pertama:

1.       Sebaiknya beli lah baju khusus untuk muslimah, tak usah lah beli baju yang kalo dipake kalian malah terlihat seksi.
2.       Sesuaikan baju yang kalian pilih dengan karakter kalian biar nanti tetap nyaman saat dipakai.
3.       Berhubung budaya di indinesia ini setiap lebaran tiba kita harus bepergian, (silaturahmi) sebaiknya kalian gunakan pakaian yang tidak terlalu kaku jika harus bepergian.


Udah dulu ah. Yo mari kita renungkan makna lebaran yang sebenarnya.


-Akel (ade hasanudin)-


  

0 komentar: